Skip to main content

follow us

Direktori Informasi Lomba Blog Up To Date



Direktori informasi lomba blog saya buat khusus untuk teman-teman semua, dan berusaha saya update setiap harinya. Karena saya melihat beberapa teman mahasiswa yang memiliki ide kreatif namun tidak tahu bagaimana cara mengembangkanya, terutama dalam dunia tulis menulis (blogging).

Kadang jika ada waktu luang pun, saya mengikuti beberapa lomba. Bagi saya dengan mengikuti event lomba blog dapat membantu diri kita dalam pengembangan cara penulisan yang menarik serta memiliki nilai jual.

Terlebih dari iseng-iseng mengikuti event lomba blog, juga berpeluang mendapatkan kemenangan. Bukan hanya sekedar menang mendapatkan hadiah, Harus percaya diri, meskipun penulisan artikel dan design konten gambar masih kurang begitu menarik. 

Saya tidak percaya sebuah bakat dimiliki seseorang sejak lahir ataupun diturunkan dari keluarga. Bakat dapat dimiliki seseorang adalah sebuah kebiasaan yang dikembangkan secara continue (terus-menerus).

Ada 3 jenis lomba blog yang perlu anda ketahui, pada umumnya terdiri dari:

#1 Lomba Blog Tematik

Jenis lomba blog ini berbentuk karya tulis yang telah ditetapkan temanya oleh penyelenggara lomba. Peraturan lomba ini, biasanya memiliki persyaratan khusus yaitu minimal penulisan artikel terdiri dari 500 kata lebih, dan karya tulis tidak boleh mengandung konten p*rn*grafi dan SARA. 

Persyaratan tambahan, artikel yang dibuat peserta diwajibkan memiliki kata kunci khusus yang berhubungan dengan tema yang dilombakan. 

Link tersebut diminta untuk ditautkan kembali pada link website yang telah ditentukan. Dalam dunia blogging ini disebut sebagai backlink. Penilaian jenis lomba ini sepenuhnya ditentukan oleh pihak penyelenggara lomba dan tentunya keputusan penyelenggara tidak bisa diganggu gugat. 

Kadang ada juga penyelenggara lomba blog yang memberikan persyaratan usia blog yang Anda punya, kemudian jumlah konten yang ada di blog. Serta blog yang Anda miliki tidak berisi konten NEGATIF. 

Adapun persyaratan lain terkati domain. Beberapa lomba blog yang pernah saya ikuti, penyelenggara memberikan persyaratan mutlak yaitu penggunakan domain TLD tidak boleh menggunakan sub domain tertentu.

#2 Lomba Blog Mengulas Sebuah Produk atau Mereview Produk

Hampir sama dengan lomba blog tematik, yang menjadi pembeda yaitu peserta lomba blog diminta untuk mengulas produk yang telah ditentukan oleh penyelenggara lomba. Biasanya produk yang direview berupa produk layananan jasa ataupun barang. 

Nah dalam event lomba blog ini, Anda dilarang membandingkan produk yang kamu ulas dalam event lomba review ini dengan produk lain yang serupa. 

Secara umum penilaian lomba ini sama dengan lomba blog tematik. Cenderung lebih subyektif meskipun parameter penilaian telah ditentukan oleh penyelenggara. 

Apakah ada sebuah event lomba blog yang jurinya obyektif? Jika Anda ingin mengikuti sebuah event lomba blog obyektif, Anda dapat mengikuti jenis event lomba blog di bawah ini

#3 Lomba Blog SEO (Search Engine Optimize)

Ini salah satu lomba blog yang cukup saya senangi juga. Karena melatih diri saya pribadi untuk meningkatkan kemampuan dalam seni SEO. 

Sesuai dengan namanya sistem penilaian untuk event lomba ini yaitu berdasarkan Search Engine Result Page (SERP) atau peringkat dari mesin pencarian. Biasanya standar penilaian menggunakan search engine Google. 

Jika artikel peserta tampil di halaman utama mesin pencarian, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk memenangkan lomba ini. 

Hasil pencarian tentu saja telah ditentukan oleh pihak penyelenggara lomba yang ditentukan. Artikel yang dibuat peserta lomba, harus memiliki kemapuan bertahan dihalaman utama mesin pencarian dalam beberapa periode yang telah ditetapkan. 

Sistem penilaian lomba ini kadang tidak 100% obyektif. Ada beberapa penyelenggara masih menambahkan konten artikel yang sesuai dengan tema lomba sebagai bahan pertimbangan untuk penilaian tambahan. 

Saya rasa persyaratan umum untuk kontes karya tulis ini sama dengan lomba sebelumnya, terkait panjang konten artikel yang dibuat. kemudian tema kata kunci tertentu, kemudian tautan link yang harus di pasang. Selain itu adapun beberapa syarat untuk menghindari kecurangan peserta lomba.

Salah satu persyaratan yang dibuat oleh penyelenggara lomba SEO, yaitu melarang peserta menggunakan kada kunci pada domain. Terkadang ada peserta yang sudah ahli dalam bidang SEO menempatkan kata kunci pada domain web dengan maksud untuk mendongkrak pencarian di halaman utama. Cara ini biasanya lebih efektif untuk mendongkrak halaman website agar dapat muncul dihalaman mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci yang telah ditetapkan.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar