Skip to main content

follow us

Syarat Kepemilikan NPWP Pribadi Karyawan, Wirausahawan, Wanita Kawin 2018

Sudah pada punya NPWP Belum nih? Rekening udah dimata-mata sama Negara hlo. Yang punya penghasilan yang udah wajib pajak perlu punya nih. Dari pada bermasalah di lain hari.

Kebetulan saya udah punya NPWP, dan teman-teman kantor tertarik juga ingin memiliki kartu sakti tersebut untuk beragam kebutuhan. Karena beberapa registrasi layanan di Indonesia, salah satu syaratnya ada kartu NPWP. Apalagi bagi teman-teman yang berstatus karyawan, wirausahawan dan wanita kawin maka ada ketentuan khusus untuk ini.

Syarat NPWP pribadi di bagi menjadi beberapa kategori pekerjaan Anda. Persyaratan NPWP Pribadi untuk karyawan atau pegawai tidak sama dengan persyaratan NPWP Wirausahawan.

Dulu waktu mengurus kartu NPWP sendiri, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari kerja untuk aktivasinya. Akan tetapi kemarin ada teman yang mendaftarkan NPWP Pribadi, ada kendala karena ada syarat yang belum dipenuhi.

Maka dari itu Anda harus mengetahui persyaratan wajib, sebelum mendaftarkan NPWP Pribadi Anda.

Persyaratan Wajib NPWP Pribadi Karyawan/Pegawai

Berikut ini beberapa persyaratan wajib untuk memiliki NPWP Pribadi, yang tidak menjalankan usaha sendiri atau bekerja sebagai karyawan/pegawai:

  • Bagi WNI ( Warga Negara Indonesia ) : Ft copy Kartu Tanda Penduduk.
  • Bagi WNA ( Warna Negara Asing ) : Ft copy PASPOR, Ft copy Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)
  • Ft copy SK PNS ataupun keterangan kerja dari tempat anda bekerja
  • Isi form pendaftaran yang telah disediakan di Kantor Pajak

Syarat Kepemilikan NPWP Pemilik Usaha Wirausahawan

Bagi wajib pribadi yang sedang menjalankan sebuah usaha atau seorang pekerja bebas berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda miliki:

  • Ft copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Ft copy SKU (Surat Keterangan Usaha), minimal surat keterangan ini didapat dari kelurahan.
  • Isi form pernyataan usaha yang bermaterai 6000 ( Form telah disediakan oleh Kantor Pajak) Tapi, kalau materai ya harus bawa sendiri.
  • Isi form pendaftaran NPWP lengkap (Telah disediakan oleh Kantor Pajak)
Untuk pendaftaran NPWP wiraswasta dalam hal ini tidak dapat diwakilkan, Anda harus mengurusnya sendiri di Kantor Pajak. 

Persyarawatan NPWP untuk Wanita Kawin

Saya sendiri baru tahu juga, bahwa wajib pajak orang pribadi wanita kawin dikenakan pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis bedasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan. Dan wanita kawin yang memilih melaksanakan hak serta kewajiban perpajakan secara terpisah.

Permohonan kepemilikan NPWP untuk wanita kawin, juga harus dilampirkan beberapa syarat berikut ini:

  • Ft copy Kartu NPWP milik Suami
  • Ft copy KK (Kartu Keluarga)
  • Kemudian dilampirkan pula, Ft copy surat perjanjian pemisah harta dan penghasilan maupun surat pernyataan untuk melaksanakan hak serta kewajiban pajak terpisah dari hak serta kewajiban pajak yang dimiliki oleh Suami
  • Ft copy SK PNS ataupun Surat Keterangan dari tempat Anda bekerja
  • Isi form pendaftaran NPWP Pribadi yang telah disediakan 
Persayaratan yang saya tuliskan diatas merupakan persyaratan umum di kantor pajak tempat saya mendaftar. Namun adapun kantor pajak setiap wilayah memiliki persyatan tambahan, dengan alasan untuk menghindari beberapa hal yang tidak di inginkan, misalnya calo dan lain-lain. Untuk itu saya sarankan untuk konsultasi langsung ke kantor pajak di wilayah Anda.


*) Berdasarkan pengalaman pribadi saya, registrasi NPWP ini MUDAH, CEPAT, dan GRATIS alias tidak di pungut biaya apapun. Jadi, segera miliki kartu NPWP Anda!

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info