Skip to main content

follow us

Pengalaman Pribadi : Keuntungan Magang bagi Mahasiswa

Magang bagi mahasiswa merupakan moment yang paling tepat untuk mengasah kemampuan dari apa yang telah dipelajari di universitas. Dengan magang ini, seorang mahasiswa mampu memahami kondisi bekerja yang sesungguhnya.

Sangat berbeda sekali kondisinya, karena di kampus kita belajar teori dan berlomba mendapatkan nilai terbaik di dalam kelas.

Di tempat kerja, kita berusaha memberikan kontribusi dari apa yang kita miliki untuk kemajuan perusahaan. Pengetahuan memanglah penting, namun kerjasama dalam mengerjakan setiap project jauh lebih utama.

Akan tetapi tidak semua jurusan yang ada di universitas memiliki program magang untuk para mahasiswanya. Sehingga membuat mahasiswa mencari sendiri lokasi magang yang diinginkan, ditengah-tengah kesibukan jadwal kuliah.

Tak ada salah sobat mengambil jadwal magang di liburan semester tahun ini. Berikut keuntungan yang sobat dapatkan ketika melakukan magang.

1. Mendapatkan Banyak Pengalaman Menarik

Pengalaman berorganisasi, kepanitiaan, dan lain sebagainya. Tidak akan lengkap jika belum disertai dengan kegiatan magang.

Suasana magang akan sangat berbeda, dengan apa yang telah dipelajari di kampus. Suasana sebuah kantor akan lebih sibuk dari biasanya. Bertemu dengan orang-orang yang telah lama terjun ke dunia kerja, mendapatkan tugas serta tanggung jawab akan memberikan warna setiap hari mahasiswa magang.

2. Membangun Kedisiplinan

Menurut saya sih, kalo dikampus kita masih bisa santai meskipun ada peraturan yang berlaku. Mau gak mau kita harus mengikuti aturan yang berlaku di kampus apalagi yang berkaitan dengan nilai. Nah, sama halnya di perusahaan juga memiliki peraturan masing-masing untuk para karyawan mereka.

Jika di kampus kita masih bisa santai, bolos saat pelajaran, tidak mengerjakan tugas, dll. Maka dikantor tempat magang. Kita dituntut untuk displin dan bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan oleh perusahaan.

Satu kesalahan dalam mengerjakan tugas yang dilakukan seorang karyawan, dapat berimbas terhadap perusahaan dan karyawan lainya.

3. Modal CV, Resume atau Riwayat Pengalaman Kerja

Ketika nanti kita sudah lulus kuliah, pengalaman magang menjadi salah satu modal untuk melamar pekerjaan. Point penting yang bisa dijadikan bahan pertimbangan seorang HRD untuk menerima pelamar pekerjaan.

Kesempatan menarik lainya yaitu, jika kita bisa membuktikan bahwa kita bekerja dengan baik di tempat kita magang. Sangat memungkinkan kita mendapatkan kesempatan bekerja di tempat magang.

4. Menambah Skill

Membentuk mental serta karakter pada diri kita, dari segi cara berkomunikasi, pengambilan keputusan, keberanian, kemampuan bekerjasama dengan rekan kerja adalah beberapa contoh kemampuan yang tidak didapatkan di bangku kuliah.

Ketika magang, kita akan mempraktikan hal tersebut secara langsung, termasuk teori yang kita pelajari di belakang meja.

5. Menambah Jaringan Pertemanan

Kita akan bertemu dengan beragam orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda di tempat kita magang. Bahkan bisa juga bertemu dengan orang yang kelas sosialnya tinggi, mungkin juga tidak pernah ditemui oleh orang biasa.

Maka dari itu, ketika magang ada baiknya tetap menjaga silahturahmi dengan orang-orang sekitar. Karena tidak menutup kemungkinan, ketika masa magang kita telah usai. Mungkin saja ada tawaran-tawaran menarik di lain hari untuk membangun kerjasama. Banyak teman, banyak rejeki. :D

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info