Skip to main content

follow us

Penasaran? Apakah Bisa Membuat NPWP Meski Belum Bekerja

Mungkin gak sih punya kartu NPWP meski belum bekerja? Apakah ada aturan perpajakan yang memperbolehkan seseorang memiliki NPWP meskipun belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja kadang sering mendapatkan penolakan, saat mengajukan NPWP?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ada dalam pikiran Anda, sama halnya juga saya pribadi. Mari simak ulasan berikut ini, yang telah saya kutip dari berbagai sumber.

Syarat dan Ketentuan Pembuatan NPWP

Pada ulasan artikel sebelumnya tentang syarat pembuatan npwp, khusus untuk pegawai ataupun karyawan diwajibkan untuk memberikan surat keterangan kerja dari perusahaan. Bisa meminta surat keterangan tersebut dibagian kepegawaian atau HRD.

Idealnya sebuah kepemilikan kartu NPWP hanya bisa di berikan kepada seseorang yang telah bekerja ataupun memiliki sebuah usaha. Maka dari itulah kantor pajak memberikan syarat pengajuan kartu NPWP salah satunya surat keterangan kerja. 

Banyak yang salah kaprah akan hal ini, tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi di lingkungan kerja.

Banyak sekali perusahaan yang memberikan persyaratan kepemilikan NPWP pada calon pegawainya. Padahal kantor pajak telah memiliki aturan tersendiri terkait boleh ataupun tidaknya seseorang memiliki kartu NPWP.

Memang benar sih, secara aturan terkait perpajakan, NPWP diberikan kepada mereka yang telah memiliki penghasilan dalam artian sudah bekerja

Penghasilan Yang Tidak Kena Pajak

Penahkan sebelumnya Anda mendengar sebuah istilah PTKP atau penghasilan tidak kena pajak. Perlu dipahami bahwa perhitungan pajak atas gaji yang anda terima, tidak semuanya dikenakan tarif pajak.

Untuk PTPKP tahun 2016 dalam setahun, bagi pria maupun wanita lajang status tanpa tanggungan adalah Rp. 36.000.000 per tahun, atau Rp 3.000.000 per bulan. Sehingga bisa dikatakan, jika penghasilan Anda dibawah Rp 3.000.000 per bulan, maka tidak ada pemotongan pajak atas gaji Anda.

Bagi kantor pajak, bagi Anda yang masih dalam kategori penghasilan di bawah PTKP tersebut. Maka, Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika seseorang yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3.000.000 saja tidak bisa memiliki NPWP bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja?

Untuk tahun 2018 sudah ada perubahan untuk standart PTKP dari kantor pajak, yaitu sekitar RP. 4.500.000. ( PTKP 2018 )

Bagaimana Solusi Kepemilikan NPWP bagi yang Belum Bekerja?

Saya pribadi tidak bisa memberikan jawaban pasti akan hal ini. Karena setiap kantor pajak memiliki kebijakan masing-masing. Namun ada beberapa teman-teman saya di tolak ketika melakukan pengajuan NPWP karena belum berpenghasilan atau belum bekerja. 

Ada baiknya setiap kantor pajak, memberikan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tidak mewajibkan persyaratan kepemilikan NPWP kepada calon tenaga kerja. 

Namun sebenarnya ini kembali lagi kepada masing-masing kantor pajak yang memiliki kebijakan tersendiri. 

Adapun jika memang Anda benar-benar membutuhkan NPWP, bisa dengan mengajukan surat keterangan di kelurahan terkait status pekerjaan Anda saat ini. Misalnya saja bisa di isi dengan status pekerjaan tenaga kerja lepas atau freelance, pegawai swasta, wiraswasta dll. 

Nah kurang lebih seperti itu solusi membuat NPWP meski belum bekerja. Ulasan ini juga berlaku untuk teman-teman mahasiswa, karena kemarin sempat ada pembahasan presentasi terkait hal ini. Semoga bermanfaat.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info