Skip to main content

follow us

Langkah Mudah Pembuatan NPWP Secara Online

Perkembangan teknologi internet sudah sangat bagus di Indonesia. Banyak sekali startup yang mulai bermunculan dan berkembang. Sangat disayangkan jika pemerintah tidak mengupgrade pelayanan yang tepat, cepat, dan mudah untuk masyarakat.

Dan benar, jeng jeng jeng...

Salah satu terobosan pemerintah untuk pelayanan perpajakan. Kini telah ada terobosan terbaru oleh DJP untuk memberikan pelayanan terbaik melalui pajak online.

Salah satu terbosan terbaru tersebut yaitu E-Registration, sebuah halaman website yang bisa di gunakan untuk mendaftarkan NPWP secara online dan realtime. Untuk dapat mengetahui bagaimana cara registrasi dan pemrosesanya, simak ulasan berikut ini.
  1. Pendaftaran NPWP online dilakukan secara elektronik dengan mengisi formulir yang telah disediakan pada halaman website aplikasi e-registration. Anda dapat mengaksesnya di halaman website resmi www.pajak.go.id
  2. Permohonan pengajuan kepemilikan NPWP yang diisi dan telah disampaikan oleh wajib pajak melalui website aplikasi e-registration dianggap telah memiliki kekuatan hukum, karena telah di tanda tangani secara elektronik.
  3. Untuk melihat panduan pegisian formulir pendaftaran melalui web aplikasi e-registration dapat di lihat pada halaman situs aplikasi e-registration.
  4. Pendaftar wajib pajak yang telah mengisi formulir pendaftaran melalui aplikasi e-registration harus memberikan dokumen yang disyaratkan ke KPP yang wilayah pelayanannya meliputi domisili maupun kegiatan usaha Anda. Pengiriman dokumen dapat dilakukan secara online juga hlo. Tinggal upload secara manual, file dokumen berupa foto/scan.
  5. Dokumen tersebut wajib dikirimkan paling lambat 14 hari kerja, jika selama waktu yang telah ditentukan tersebut. Pendaftaran wajib pajak dianggap dibatalkan.
  6. Apabila dolumen yang telah disyaratkan tersebut, telah diterima oleh kantor pajak. KPP akan menerbitkan bukti penerimaan surat pengajuan wajib pajak secara online kurang lebih membutuhkan 1 hari kerja. 
  7. Kartu NPWP dan surat keterangan terdaftar akan disampaikan kepada wajib pajak melalui pos. Sehingga perlu dipastikan, bahwa alamat yang Anda masukkan ketika mendaftar e-registration telah sesuai dengan domisili Anda saat ini. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar